Lingkup Ilmu Komputer

Lingkup Ilmu Komputer














1. OVERVIEW DIGITAL WORLD
Fungsi dari komputer
Setiap komputer digital melaksanakan lima fungsi dalam hal kotor:
  • Mengambil data sebagai masukan.
  • Menyimpan data / instruksi dalam memori dan menggunakannya bila diperlukan.
  • Memproses data dan mengubahnya menjadi informasi yang berguna.
  • Menghasilkan output
  • Mengontrol semua di atas empat langkah tersebut.

Komputer adalah perangkat pengolahan data elektronik yang
  • menerima dan masukan menyimpan data,
  • memproses input data, dan
  • menghasilkan output dalam format yang dibutuhkan.
Keuntungan
Daftar berikut menunjukkan keuntungan dari komputer di arena saat ini.
Kecepatan tinggi
  • Komputer adalah perangkat yang sangat cepat.
  • Hal ini mampu melakukan perhitungan jumlah yang sangat besar data.
  • komputer memiliki unit kecepatan dalam mikrodetik, nanodetik, dan bahkan picosecond itu.
  • Hal ini dapat melakukan jutaan perhitungan dalam beberapa detik dibandingkan dengan pria yang akan menghabiskan berbulan-bulan untuk melakukan tugas yang sama.
Ketepatan
  • Selain menjadi sangat cepat, komputer sangat akurat.
  • Perhitungan adalah 100% bebas dari kesalahan.
  • Komputer melakukan semua pekerjaan dengan akurasi 100% asalkan input yang benar telah diberikan.
Kemampuan penyimpanan
  • Memori merupakan karakteristik yang sangat penting dari komputer.
  • Sebuah komputer memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih dari manusia.
  • Hal ini dapat menyimpan sejumlah besar data.
  • Hal ini dapat menyimpan semua jenis data seperti foto, video, teks, audio dan banyak lainnya.
Ketekunan
  • Tidak seperti manusia, komputer bebas dari monoton, kelelahan dan kurangnya konsentrasi.
  • Hal ini dapat bekerja terus menerus tanpa kesalahan dan kebosanan.
  • Hal ini dapat melakukan pekerjaan berulang dengan kecepatan dan ketepatan yang sama.
Fleksibilitas
  • Sebuah komputer adalah mesin yang sangat serbaguna.
  • Sebuah komputer sangat fleksibel dalam melakukan pekerjaan yang harus dilakukan.
  • Mesin ini dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan berbagai bidang.
  • Pada satu contoh, mungkin memecahkan masalah ilmiah yang kompleks dan saat berikutnya mungkin memainkan permainan kartu.
Keandalan
  • Sebuah komputer adalah mesin yang handal.
  • komponen elektronik modern memiliki kehidupan yang panjang.
  • Komputer dirancang untuk membuat perawatan yang mudah.
Otomatisasi
  • Komputer adalah mesin otomatis.
  • Otomatisasi berarti kemampuan untuk melakukan tugas yang diberikan secara otomatis.
  • Setelah program diberikan kepada yaitu komputer, disimpan dalam memori komputer, program dan instruksi dapat mengontrol eksekusi program tanpa interaksi manusia.
Pengurangan Kertas Kerja
  • Penggunaan komputer untuk pengolahan data dalam suatu organisasi mengarah ke pengurangan kertas kerja dan hasil dalam mempercepat proses.
  • Sebagai data dalam file elektronik dapat diambil jika diperlukan, masalah pemeliharaan sejumlah besar file kertas akan berkurang.
Pengurangan Biaya
  • Meskipun investasi awal untuk menginstal komputer tinggi tetapi secara substansial mengurangi biaya dari masing-masing transaksi.
kekurangan
Daftar berikut menunjukkan kerugian komputer di arena hari ini
Tidak ada IQ
  • Sebuah komputer adalah mesin yang tidak memiliki kecerdasan untuk melakukan tugas apapun.
  • Setiap instruksi harus diberikan ke komputer.
  • Sebuah komputer tidak dapat mengambil keputusan apapun sendiri.
Ketergantungan
  • Ini berfungsi sebagai per instruksi pengguna, sehingga sepenuhnya tergantung pada manusia
Lingkungan Hidup
  • Lingkungan operasi komputer harus bebas debu dan cocok.
Tidak ada perasaan
  • Komputer tidak memiliki perasaan atau emosi.
  • Hal ini tidak bisa membuat penilaian berdasarkan perasaan, rasa, pengalaman, dan pengetahuan tidak seperti manusia.

2. PEMAHAMAN COMPUTING DICIPLINE
Disiplin Ilmu Komputer
Banyak orang berpandangan bahwa orang yang sudah kuliah komputer pasti akan tahu segala hal yang berkaitan dengan (atau ahli) komputer. Pandangan tersebut tidak sepenuhnya benar, mengapa demikian? Walaupun secara umum orang yang telah kuliah di jurusan komputer memiliki kemampuan dasar terkait dengan komputer dan pemanfaatannya, ternyata masih ada lagi spesialisasi terkait dengan dunia komputer (computing).
Latar Belakang Disiplin Computing
Sebelum 1990 an
Pada awalnya sekitar tahun 1960, hanya terdapat tiga disiplin ilmu terkait dengan computing, yaitu computer science, electrical engineering, dan information system. CS lebih kepada pengembangan software atau teori terkait dengan aspek computing. Sedangkan EE untuk urusan hardware. Adapun pemanfaatan hardware dan software untuk membantu menyelesaikan permasalahan bisnis merupakan domain dari IS.
Dengan semakin berkembangnya teknologi mikroprosesor berbasis chip (chip-based) yang dimulai pada pertengahan 1970-an, maka secara perlahan CE menjadi suatu ilmu dengan spesialiasi khusus, yang merupakan pemekaran dari EE.
Pasca 1990
Perkembangan jaman membentuk disiplin ilmu computing untuk semakin menyesuaikan dengan kebutuhannya. CE menjadi semakin solid dan memisahkan diri dari EE. Selanjutnya CS berkembang secara pesat dan memunculkan SE yang tadinya merupakan bagian dari CS menjadi sebuah disiplin tersendiri. IS sendiri berkembang pesat seiring dengan semakin kompleksnya masalah dalam mengatur informasi, serta tantangan efisiensi dan efektifitas organisasi dalam memanfaatkan informasi. Disiplin ilmu IT muncul pada era akhir 1990 an. Disiplin IT berkembang sejalan dengan digunakannya komputer sebagai tools di berbagai lapisan organisasi dan sistem jaringan komputer menjadi backbone informasi bagi organisasi. IT dibutuhkan untuk memastikan kelayakan infrastruktur komputer organisasi terkait dengan kemampuan sumber daya manusia dalam menggunakannya dan memecahkan permasalahan organisasi.
  1. DISIPLIN ILMU KOMPUTER ( INFORMATIKA )
Secara singkat Computing Curricula 2005 mendeskripsikan disiplin computing sebagai berikut :
  1. Computer Engginering (CE) memfokuskan pada desain dan konstruksi komputer dan sistem berbasis komputer. Di dalamnya meliputi studi tentang hardware, software, komunikasi , dan interaksi antar bagian tersebut. Mahasiswa CE mempelajari desain dari sistem hardware digital yang meliputi sistem komunikasi, komputer, dan peralatan yang memuat komputer.
  2. Computer Science (CS) mempelajari mulai dari teori-teori terkait dengan computing dan dasar algoritma sampai kepada pengembangan robotik, computer vision, intelligence system, bio-informatika, dan hal-hal lainnya. Ilmuwan komputer terbagi dalam tiga kategori yaitu desain dan implementasi software, merancang cara baru penggunaan komputer, serta mengembangkan cara untuk menyelesaikan permasalahan computing.
  3. Information System (IS) mengintegrasikan solusi teknologi informasi dan proses bisnis untuk memenuhi kebutuhan informasi bisnis sehingga tujuan bisnis dapat tercapai secara efektif dan efisien. Spesialis IS memegang peranan dalam menentukan kebutuhan sistem informasi bagi organisasi.
  4. Information Technology (IT) berperan dalam menentukan bagaimana sebuah sistem di sebuah institusi sudah tepat keberadaannya, berfungsi sesuai harapan, mudah dalam pengaturan operasional, serta aman. Spesialis IT mempunyai tugas untuk memelihara infrastruktur teknologi informasi sebuah organisasi dan orang-orang yang menggunakannya. Termasuk di dalamnya memilih produk hardware dan software yang sesuai bagi organisasi, serta mengintegrasikan produk tersebut pada kebutuhan organisasi.
  5. Software Engineering (SE) merupakan disiplin yang merancang dan memelihara sistem software secara handal, efisien, efektif, serta mudah dikembangkan dan dapat memenuhi kebutuhan dari pengguna.
Dengan demikian dari Computing Curricula 2005 kita mendapatkan gambaran yang jelas mengenai displin ilmu computing, tentang karakteristik dan kekhususan masing-masing ilmu computing yang berkembang saat ini.

  1. PENGERTIAN INFORMATIKA
Informatika (Inggris: Informatics) merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. 

  1. KLASIFIKASI INFORMATIKA
1) Algoritma dan Struktur Data
2) Arsitektur
3) Software Engineering
4) Artificial Intelligence dan Robotik
5) Human Computer Interaction
6) Organizational Informatics
7) Bahasa Pemrograman
8) Sistem Operasi dan Jaringan
9) Database dan Sistim Retrieval Informasi
10) Ilmu Komputasi
11) BioInformatik
Lingkup Ilmu Komputer Lingkup Ilmu Komputer Reviewed by SebutsajaGINTOKI on 19.32 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.