Piranti Masukan

Piranti Masukan


1. Definisi Piranti Masukan (Input Device)

Secara Terminologi Piranti masukan adalahinput device, sedangkan menurut Etimologi, Piranti Masukan (Input Device) adalah semua perangkat keras komputer yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal kendali untuk suatu sistem pemrosesan informasi, misalnya komputer. Peranti masukan dapat dikelompokan berdasarkan beberapa hal diantaranya :
_ Cara masukan misalnya melalui gerak mekanis atau audio.
_ Masukan diskret (tekanan tombol) atau kontinu (posisi tetikus).
_ Derajat kebebasan gerakan misalnya dua dimensi pada tetikus standar dan tiga dimensi pada navigator untuk aplikasi CAD.

2. Jenis-Jenis Piranti Masukan

Jenis - Jenis Piranti Masukan yaitu :
1. Piranti Pengetikan
Peranti pengetikan dapat dipergunakan untuk memasukan data ataupun perintah. Contoh piranti pengetikan adalah berikut ini :
a. Keyboard
    Keyboard adalah peranti pemasukan data yang dapat mengubah huruf, angka, ataupun kode lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses komputer. Keyboard paling umum dipergunakan sebagai piranti masukan dan merupakan piranti yang paling lama dimanfaatkan setelah perkembangan komputer dengan masukan kartu plong (punch card).
   
b. ATM (Automated Teller Machine)
 ATM (Automated Teller Machine)digunakan untuk melakukan transaksi pengambilan uang tunai, pembayaran tagihan, transfer uang, bahkan memesan tiket kereta api. ATM dapat bekerja menjadi peranti input dan output  sekaligus. Sebagai peranti masukan, ATM memungkinkan pengguna untuk memasukan nomor PIN, angka uang, dan hal lain yang terdapat pada tampilan menu.

c. POS (Point of Sale)
     POS (Point of Sale) adalah peranti yang digunakan pada toko – toko untuk memasukan data pembelian. Peranti ini selain berisi tombol seperti keyboard lengkap dengan angka, juga terdapat tambahanyang memungkinkan memproses kartu kredit.  

3. Piranti Penunjuk

Peranti penunjuk adalah peranti masukan yang memungkinkan pengguna untuk memasukan data kontinu dan multidimensi ke dalam suatu komputer. Sistem CAD dan antarmuka pengguna grafis memungkinkan pengguna untuk mengendalikan dan memberikan data kepada komputer dengan menggunakan gestur fisik tunjuk, klik, dan seret.
Contoh piranti penunju yaitu:
a. Mouse
Mouse adalah perangkat genggam kecil yang mendorong di atas permukaan horisontal. Sebuah mouse pointer bergerak grafis dengan menjadi meluncur di permukaan halus.
           
           b. Trackball
Trackball adalah perangkat penunjuk yang terdiri dari bola bertempat di soket yang mengandung sensor untuk mendeteksi rotasi bola sekitar dua sumbu, mirip dengan mouse terbalik.

c. Pointing Stick
Pointing Stick/Tongkat Penunjuk adalah inti tekanan kecil yang sensitif digunakan seperti joystick. Hal ini biasanya ditemukan pada laptop tertanam antara 'G', 'H', dan 'B'. Ini beroperasi dengan merasakan gaya yang diberikan oleh pengguna. Seperti mouse tombol biasanya ditempatkan tepat di bawah spasi . Hal ini juga ditemukan pada mouse dan beberapa keyboard lainnya.

d. Touchpad/Trackpad
Touchpad atau Trackpad adalah permukaan datar yang dapat mendeteksi kontak jari. Ini adalah perangkat penunjuk stasioner yang biasanya digunakan pada laptop. Setidaknya satu tombol fisik biasanya dilengkapi dengan touchpad, namun pengguna juga dapat menghasilkan klik mouse dengan menekan pada pad. Fitur lanjutan mencakup sensitivitas tekanan dan gerakan khusus seperti bergulir dengan menggerakan jari di sepanjang tepi. Touchpad atau Trackpad menggunakan grid dua lapisan elektroda untuk mengukur gerakan jari, satu lapisan memiliki strip elektroda vertikal yang menangani pergerakan vertikal, dan lapisan lainnya memiliki strip elektroda horisontal untuk menangani gerakan horisontal.

e. Touch Screen
Touchscreen adalah perangkat tertanam ke layar TV monitor, atau sistem LCD Monitor layar laptop komputer. Pengguna berinteraksi dengan perangkat dan atau menekan fisik item ditampilkan pada layar, baik dengan jari-jari atau beberapa alat bantu lainnya.

f. Joystick
Joystick atau Tuas Kendali adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
Tuas kendali juga telah menjadi alat kontrol utama pada kokpit pesawat terbang, termasuk pesawat jet dan pesawat militer, baik sebagai tuas utama ataupun tuas di sisi-sisinya. Tuas kendali juga digunakan untuk mengontrol mesin seperti mesin derek, truk, kursi roda, kamera pengawas dan mesin pemotong rumput. Miniatur dari tuas kendali finger-operated telah diadopsi sebagai alat input untuk peralatan elektronik kecil seperti telepon seluler (ponsel).

g. Light Pen
Light pen adalah peranti masukan komputer dalam bentuk pena yang digunakan bersamaan dengan perangkat komputer CRT TV atau monitor. Hal ini memungkinkan pengguna menunjuk objek yang ditampilkan, atau menggambar pada layar.

h. Digitizing Tablet
Graphic Tablet adalah perangkat keras peranti masukan komputer yang membolehkan pemakainya untuk menggambar dengan tangan dan memasukan gambar atau sketsa langsung ke komputer, layaknya menggambar di atas kertas menggunakan pensil.

4. Piranti Pengambil Gambar Terformat

Banyak jenis peranti masukan yg dapat digunakan untuk mengambil citra (gambar) terformat, yang dalam arti disini bentuk atau format hurufnya sudah ditentukan. Hal ini membantu peranti tersebut dalam menerima masukan. Yang kemudian diubah menjadi sinyal digital. Contoh untuk kategori peranti ini adalah sebagai berikut:
a. Bar Code Reader
Pembaca barcode adalah sebuah alat elektronik untuk membaca barcode. Seperti flatbed scanner terdiri dari sumber cahaya, lensa dan sensor cahaya menerjemahkan impuls ke optik yang listrik.
Selain itu, hampir semua pembaca barcode berisi sirkuit decoder menganalisis gambar barcode data yang diberikan oleh sensor dan mengirim konten barcode untuk output port scanner.

b. MICR ( Magnetic Ink Character Recognition )
MICR digunakan untuk membaca karakter-karakter khusus MICR yang dicetak dengan tinta khusus pula, Tinta ini akan dimagnetisasi oleh MICR sehingga infromasi magnetisnya dapat dibaca dan diterjemahkan menjadi sinyal digital. Tinta magnetis ini hanya dapat dicetak dengan printer laser.

c. OMR ( Optical Mark Recognition)
OMR adalah peranti yang dapat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh komputer. 

d. OCR ( Optical Character Recognition )
OCR adalah peranti yang dapat membaca teks dan mengkonversinya kedalam kode digital yanakan diproses oleh komputer. OCR terdapat sistem yang terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak pemanipulasi data.



5. Piranti Pengambil Gambar Tak Terformat

Contoh piranti pengambil gambar tak terformat adalah sebagai berikut :
a. Image Scanner
Scanner adalah alat elektronik yang fungsinya hampir sama dengan mesin fotocopy yaitu untuk memasukan data berupa image dan di proses melalui komputer. Namun ada perbedaan dari kedua hardware tersebut yaitu mesin fotocopy hasilnya dapat langsung di lihat pada media kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer kemudian di proses secara manual di dalam komputer. Data yang telah diambil dengan scanner bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII (American Standard Code for Information Interchange).

b. Kamera Digital
Kamera digital adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD ada juga yang menggunakan sensor CMOS yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.

c. Fingerprint Reader
Pengenalan sidik jari atau otentikasi sidik jari mengacu pada otomatis metode verifikasi pertandingan antara dua manusia sidik jari.
Sidik jari adalah salah satu dari banyak bentuk biometrik digunakan untuk mengidentifikasi individu dan memverifikasi identitas.

6. Piranti Masuk Suara

Macam-macam Perangkat Input Suara

A. Mikropon
Mikropon merupakan pengubah variasi tekanan udara karena adanya suara, menjadi variasi isyarat listrik. Ada beberapa jenis teknologi yang digunakan, yaitu:
Mikropon karbon  merupakan teknologi yang digunakan pada pesawat telepon pertama kali, sampai saat ini. Bubuk karbon yang diletekkan pada diafragma plastik atau metal yang tipis akan bergetar pada saat suara yang mengenai diafragma tersebut. Getaran pada karbon tersebut akan mengubah resistansi karbon yang kemudian akan mengubah-ubah kekuatan arus yang melaluinya.

B. Mikropon dinamis  mikropon jenis ini memanfaatkan efek elektromagnetik. Getaran pada diafragma akan menggetarkan magnet atau kumpulan sehingga menimbulkan arus listrik lemah.

C. Mikropon pita  pada mikropon ini sebuah pita tipis diletakkan pada suatu medan magnet. Suara yang menggertarkan pita akan dapat mengubah-ubah arus yang melaluinya.

D. Mikropon kondensor  merupakan mikropon yang memiliki sebuah kapasitor di dalamnya. Getaran suara akan dapat mempengaruhi lempeng kapasitor, sehingga dapat mengubah kapasitansi kapasitor tersebut. Perubahan ini diperkuat sehingga dapat menciptakan isyarat yang dapat terukur. Mikropon jenis ini biasnaya memerlukan sebuah baterai kecil untuk menimbulkan tegangan pada kapasitornya.

E. Mikropon kristal  mikropon jenis ini memanfaatkan suatu jenis kristal yang kandungan listriknya dapat berubah-ubah. Dengan menempelkan sebuah diafragma pada kristal tersebut akan membuat kristal menghasilkan isyarat listrik pada saat ada suara mengenai diafragma.


7.Video

Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital. Video juga bisa dikatakan sebagai gabungan gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dalam suatu waktu dengan kecepatan tertentu.

ØJenis-jenis Video
Pada dasarnya terdapat dua jenis video dalam layer computer yaitu :
      1. Video Analog
          Meskipun banyak video yang diproduksi hanya untuk platform display digital(untuk Web, CD-         ROM, atau sebagai presentasi HDTV DVD), video analaog (kebanyakan masih digunakan untuk          penyiaran televisi) masih merupakan platform yang paling banyak diinstal untuk mengirim dan            melihat video.
Standar Penyiaran Video Analog :
Tiga standar penyiaran video analog yang paling banyak digunakan di dunia adalah NTSC, PAL, dan SECAM.
2. Video Digital
Integrasi Penuh dari video digital dalam kamera dan komputer mengurangi nemtuk televisi analog dari video dari produksi multimedia dan platform pengiriman, jika kamera video menggerakkan sinyal output digital,video dapat merekam dan disimpan ke disk siap untuk diedit. Contoh kualitas video digital yang prima lewat hadirnya teknologi VCD dan DVD (Digital Versatile Disc), sedangkan dunia broadcasting kini juga lambat laun mengalihkan teknologinya kearah DTV (Digital Television).
ØMacam – Macam Video
1. Video IP Adalah video yang dilewatkan melalui IP. Terdapat tiga kategori video pada saat mereka dipancarkan pada publik baik melewati satelit, melalui kabel, dan melalui IP atau format radio analog.
2. Video RAM Disingkat dengan VRAM. Tipe spesial dari DRAM yang memungkinkan akses direct high speed memory melalui sirkuit video. Jenis memori ini lebih mahal bila dibandingkan chips DRAM yang konvensional.
3. Videotex Istilah yang dibuat untuk menjelaskan peralatan TV yang digunakan untuk menampilkan data berbasis komputer, baik dikirimkan lewat telepon atau lewat kanal pemancar.
4. Video Out Fitur pada perangkat keras yang bisa menghubungkan kamera ke video in port pada televisi atau monitor dan menampilkan citra digital di layar video.
5. Videotext Suatu kemampuan untuk mengirimkan mentransmisikan secara dua arah dari suatu gambar dan suara.

8. Perangkat Masukan Gerak 

1. Headset
Headset adalah gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer, misalnya untuk VoIP. Teknologi headset sudah merambah ke dunia komunikasi, khususnya teknologi telepon selular.

2. Glove
Sebuah sarung kabel (kadang-kadang disebut "dataglove" atau "cyberglove") adalah sebuah perangkat input untuk interaksi manusia-komputer yang dikenakan seperti sarung tangan.
Berbagai sensor teknologi yang digunakan untuk menangkap data fisik seperti menekuk dari jari . Seringkali tracker gerak, seperti magnet alat pelacak atau perangkat pelacakan inersia , melekat untuk menangkap posisi / rotasi data global dari sarung tangan. Gerakan-gerakan ini kemudian diinterpretasikan oleh perangkat lunak yang menyertai sarung tangan, sehingga setiap gerakan yang dapat berarti banyak hal. Gestures kemudian dapat dikategorikan menjadi informasi yang berguna, seperti untuk mengenali Sign Language atau fungsi simbolis lainnya. Mahal high-end sarung kabel juga dapat memberikan haptic feedback, yang merupakan simulasi dari indera peraba. Hal ini memungkinkan sarung tangan kabel juga dapat digunakan sebagai perangkat output. Secara tradisional, sarung kabel hanya telah tersedia dengan biaya yang besar, dengan sensor tikungan jari dan perangkat pelacakan harus dibeli secara terpisah.
Sarung kabel sering digunakan dalam virtual reality lingkungan.

9. Sensor

Sensor adalah jenis tranduser yang digunakan untuk mengubah besaran mekanis, magnetis, panas, sinar, dan kimia menjadi tegangan dan arus listrik. Sensor sering digunakan untuk pendeteksian saat melakukan pengukuran atau pengendalian.

ØJenis - Jenis Sensor
1. Sensor Cahaya Adalah alat sensor sinar yang mengubah energi sinar langsung menjadi energi listrik. Sel solar silikon yang modern pada dasarnya adalah sambungan PN dengan lapisan P yang transparan. Jika ada cahaya pada lapisan transparan P akan menyebabkan gerakan elektron antara bagian P dan N, jadi menghasilkan tegangan DC yang kecil sekitar 0,5 volt per sel pada sinar matahari penuh.
2. Sensor Suhu
Ada 4 jenis utama sensor suhu yang biasa digunakan :
a. Thermocouple terdiri dari sepasang penghantar yang berbeda disambung las dilebur bersama satu sisi membentuk sambungan pengukuran yang ada ujung bebasnya untuk hubungan dengan sambungan referensi. Perbedaan suhu antara sambungan pengukuranmdengan sambungan referensi harus muncul untuk alat ini sehingga berfungsi sebagai thermocouple.
b. Detektor Suhu Tahanan konsep utama dari yang mendasari pengukuran suhu dengan detektor suhu tahanan adalah tahanan listrik dari logam yang bervariasi sebanding dengan suhu. Kesebandingan variasi ini adalah presisi dan dapat diulanglagi sehingga memungkinkan pengukuran suhu yang  konsisten melalui  pendeteksian tahanan. Bahan  yang sering digunakan RTD adalah platina karena kelinearan, stabilitas dan reproduksibilitas.
c. Thermistor Adalah resistor yang peka terhadap panas yang biasanya mempunyai koefisien suhu negatif. Karena suhu meningkat, tahanan menurun dan sebaliknya. Thermistor sangat peka oleh karena itu mampu mendeteksi perubahan kecil di dalam suhu.
d. Sensor Suhu Rangkaian Terpadu (IC) menggunakan chip silikon untuk elemen yang merasakan. Memiliki konfigurasi output tegangan dan arus. Meskipun terbatas dalam rentang suhu (dibawah 200 ³C), tetapi menghasilkan output yang sangat linear di atas rentang kerja.
3. Sensor Tekanan memiliki prinsip kerja mengubah tegangan mekanis menjadi sinyal listrik. kurang ketegangan didasarkan pada prinsip bahwa tahanan pengantar berubah dengan panjang dan luas penampang.

10. RFID

RFID atau Radio Frequency Identification. RFID adalah sistem identifikasi tanpa kabel yang memungkinkan pengambilan data tanpa harus bersentuhan seperti barcode dan magnetic card seperti ATM. RFID banyak dipakai diberbagai bidang seperti perusahaan, supermarket, rumah sakit.
Prinsip kerja RFID adalah mengidentifikasi sistem dengan gelombang radio. Untuk itu minimal dibutuhkan dua buah perangkat, yaitu yang disebut TAG dan READER. Saat pemindaian data, READER membaca sinyal yang diberikan oleh RFID TAG.
ØRFID TAG adalah sebuah alat yang melekat pada obyek yang akan diidentifikasi oleh RFID READER. RFID TAG dapat berupa perangkat pasif atau aktif. TAG pasif artinya tanpa battery dan TAG aktif artinya menggunakan battery..
ØRFID READER adalah merupakan alat pembaca RFID TAG. Ada dua macam RFID READER yaitu READER PASIF (PRAT) dan READER AKTIF (ARPT). Reader pasif memiliki sistem pambaca pasif yang hanya menerima sinyal radio dari RFID TAG AKTIF yang dioperasikan dengan barrety/sumber daya. Jangkauan penerima RFID PASIF bisa mencapai 600 meter. Hal ini memungkinkan aplikasi RFID untuk sistem perlindungan dan pengawasan aset. Reader aktif memiliki sistem pembaca aktif yang memancarkan sinyal interogator ke TAG dan menerima balasan autentikasi dari TAG. Sinyal interogator ini juga menginduksi TAG dan akhirnya menjadi sinyal DC yang menjadi sumber daya TAG PASIF.

Sistem sinyal RFID
RFID menggunakan beberapa jalur gelombang untuk pemancaran sinyal. Namun yang paling banyak dipakai adalah jalur UHF ada frekuansi 865-868MHz dan 902-928 MHz. Kode yang ditulis pada TAG berupa 96 bit data yang berisi 8bit header, 28 bit nama organisasi pengelola data, 24bit kelas obyek dan 36bit terakhir adalah nomor seri yang unik untuk tag. Kode tersebut dipancarkan melalui sinyal RF dengan urutan yang telah standar.

11. Kode QR
Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.

ØFungsi kode QR
Kode QR berfungsi menyimpan alamat dan URL, nomer telepon, teks dan sms yang dapat digunakan pada majalah, surat harian, iklan, pada tanda-tanda bus, kartu nama ataupun media lainnya atau dengan kata lain sebagai penghubung konten daring dan konten luring.
Cara Membuat Kode QR
Untuk cara membuat kode qr kunjungilah situs qr code generator dibawah ini :
1. Qrcode.kaywa.com
2. Goqr.me
3. The-qrcode-generator.com
4. Qrstuff.com
5. Zxing.appspot.com/generator/
6. Qrcode.littleidiot.be
Piranti Masukan Piranti Masukan Reviewed by SebutsajaGINTOKI on 08.27 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.